Tuesday, July 6, 2010

Misteri Catacombs, Paris, France.

Pada masa lalu, ketika pemerintah memutuskan untuk menyediakan tempat yang lebih luas bagi manusia hidup, maka salah satu pilihannya adalah menggusur tempat-tempat pemakaman. Alternatif ini dipilih karena bila menggusur tempat pemukiman illegal, bakal menimbulkan protes besar dari penduduknya. Sementara menggusur orang mati, protes dinilai lebih kecil. Paling hanya para ahli waris yang keberatan. Maka jadilah para ahli perencanaan kota membuat perencanaan memindahkan tulang belulang warga Paris yang jumlahnya jutaan. Agar tidak menimbulkan gejolak, pemindahan dilakukan secara diam-diam. Kemana dipindahkannya? Inilah yang jadi catatan sejarah. Ternyata tulang belulang itu ditempel di sepanjang lorong dinding kota bawah tanah. Kota bawah tanah itu disebut City of Light. Sampai sekarang kota bawah tanah yang mengerikan itu masih ada dan popular dengan sebutan Empire of the Dead.

The Paris Catacombs merupakan gambaran kekejian pemerintah pada masa itu dan menjadi catatan sejarah dunia sepanjang masa. Uniknya, kini tempat itu menjadi lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Setiap tahun sejuta orang datang ke tempat itu untuk melihat lihat pemandangan mengerikan di mana tengkorak-tengkorak manusia, tulang belulang menempel di dinding yang gelap dan lembab. Para wisatawan ini tentunya dipandu oleh guide yang akan menjelaskan tentang seluk beluk sejarah tempat itu.

Dan, namanya tempat pekuburan masal, tentu saja banyak cerita hantu yg berhembus dari sana. Sejumlah wisatawan maupun pemandu bercerita kalau saat kunjungan mereka pun bertemu dengan hantu-hantu yang kebetulan tengah berkeliaran. Mereka adalah roh penduduk paris masa lalu, yang tak jarang mengikuti rombongan wisata ini. Beberapa dari wisatawan malah ada yg berhasil merekam hantu-hantu itu, meski sebelumnya tak menyadari. Meski menakutkan, namun tetap saja banyak wisatawan yang penasaran datang ke mari.

Banyak laporan yang masuk bahwa banyak wisatawan yang nekad datang sendiri, tanpa rombongan, akhirnya hilang alias tidak pernah muncul kembali.


sumber matabumi.com

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger