Wednesday, July 7, 2010

Kamp Konsentrasi di Auschwitz-Birkenau, Oswiecim, Polandia

Kamp kosentrasi Auschwitz-Birkenau disebut juga kamp kematian karena jarang orang bertahan hidup ketika dijebloskan di sana. Kamp ini dioperasikan Mei 1940 sampai 1945. Konon, di sinilah 2,5 juta orang menemui ajalnya dengan cara yang paling mengenaskan yakni dijebloskan ke kamar gas beracun. Dari jumlah itu, kabarnya, 2 juta orang adalah asal Yahudi, selebihnya adalah masyarakat Polandia. Tapi para sejarawan dunia mengatakan, perkiraan angka itu adalah minimum karena sebenarnya jumlah yang tewas di sana tidak terdata jelas, tapi bisa jadi lebih dari itu.
Kamp ini didirkan oleh pemerintah Jerman pada masa Hitler. Konon pemerintah masa itu menganggap kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau merupakan tempat yang efektif untuk memusnahkan musuh Negara. Dioperasikan pertama kali awal tahun 1941 di mana kamar mayat di crematorium kemudian diubah menjadi kamar gas dan populerdengan sebutan ‘bunker'.
Sudah menjadi rahasia umum internasional kalau Hitlet menjadikan Auschwitz sebagai pabrik pembunuhan masal, di mana mereka dibakar hidup hidup atau masuk dalam kamar gas. Kapasitan kreamtorium itu sekitar 4250 orang, mereka semua dikumpulkan dalam satu kesempatan, lalu di sana aliran gas mematikan dibuka. Hanya butuh 20 menit untuk membuat ribuan orang ini mati mengenaskan. Pembunuhan lainnya dilakukan di ruang bawah tanah. Setelah itu mayat mayat mereka dimasukkan dalam oven untuk dipanggan g hingga menjadi abu. Sebelum dikremasi, segala harta korban dipreteli, mulai dari gigi emas, perhiasan hingga barang berharga lainnya. Inilah kekejaman paling keji dari Hitler yang paling membekas bagi dunia, bahkan meninggalkan trauma yang sampai kini tak pernah pudar.
Banyak wisatawan ingin melihat bukti sejarah keji itu, namun sebagian besar dari mereka tak meneruskan jalan-jalannya ketika sampai di sana. Mereka shock bahkan ada diantaranya yang menangis meraung raung tanpa diketahui sebab musababnya. Anehnya, seolah alam pun menolak keberadaan kamp konsentrasi itu. Sekalipun ada pohon-pohon di sekitar sana, namun tak ada satu pun burung yg hinggal apalagi bisa mendengar kicauannya, even di pagi hari. Seolah bau kematian membuat mereka takut melintasi daerah itu. Yang ada hanya keheningan yang menusuk dan bikin bulu kuduk berdiri. Konon fenomena alam yg aneh ini telah terjadi bertahun tahun, hingga kini.
Laporan dari para pengunjung, mereka seolah mendapat pengalaman spiritual saat berkunjung ke sana. Seperti ada tangan yang meraih mereka, namun tak berujud. Juga suara-suar aneh yang berbisik, ‘please and leave". Ini sungguh menyeramkan. Herannya, tim paranormal yang pernah meneliti ke sana, tidak pernah menuliskan laporannya tentang tempat itu. Tapi kata-kata memang tidak perlu diungkap, karena foto-foto para wisatawan ternyata telah mengungkap banyak. Lewat media foto inilah hantu-hantu penasaran ini menampakkan diri. Dalm foto foto itu tampak bayangan bayangan aneh, cahaya bahkan bola asap.
Mengingat sejarah dan jejak kegerian yang ditinggalkannya, maka pantaslah tempat itu dimasukkan dalam daftar tempat paling berhantu di dunia.

Sumber matabumi.com

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger