Tuesday, July 6, 2010

David Andrew Seaman

David Andrew Seaman (lahir 19 September 1963) merupakan seorang mantan pemain sepak bola berkebangsaan Inggris. Dia pernah membela klub utamanya seperti Peterborough United, Birmingham City, Queens Park Rangers, Arsenal, dan Manchester City.

Ia pensiun karena peristiwa naas yang menimpanya yaitu cedera bahu yang tidak bisa sembuh saat membela Manchester City. Ia mendapat penghargaan the MBE di tahun 1977 atas keberhasilannya menjadi kiper terbaik yang pernah membela klub dan Timnas sepak bola Inggris.

Di timnas Inggris, dia bermain 75 kali.

David Seaman Berkunjung ke Indonesia

Ini pertama kalinya dia datang ke Indonesia. David Seaman, 46 tahun, sempat melayani berbagai pertanyaan media nasional. Kepada tim Yahoo! Southeast Asia, ia juga bercerita banyak soal topik-topik lain. Dari kesannya tentang Asia, hingga negara Asia mana yang bakal melaju di Piala Dunia 2010. Sebagian pembicaraan itu kami petik di sini.

Yahoo: Anda tampak lebih muda dan segar tanpa kumis dan rambut panjang…

David Seaman: Haha, oke dong? Saya mencukur kumis di sebuah acara televisi nasional di Inggris, beberapa tahun lalu. Sejak itu, rasanya lebih enak begini.

Y!: Apakah Anda masih bergiat di sepak bola?

DS: Saya masih melatih Arsenal secara paruh waktu, untuk kiper-kiper junior. Saya ditawari menjadi pelatih untuk Arsenal, tapi saya baru saja keluar dari sepak bola. Sekarang, saya lebih suka begini. Saya belum tahu apakah bakal jadi pelatih penuh nantinya.

Apa pendapat Anda tentang Fabio Capello sebagai pelatih Inggris sekarang?

Capello membawa rasa percaya diri kepada pemain. Semua hormat padanya. Tapi, bila tiba saatnya dia pergi, bagi saya pelatih Inggris haruslah orang Inggris. Saat ini, saya belum tahu siapa yang tepat untuk itu.

Apakah Anda pernah ke Asia?

David Seaman

Pernah, dan selalu terkait sepakbola. Saya ke Singapura pada 90-an bersama Arsenal. Ke Cina dua kali dengan Arsenal dan tim nasional Inggris. Pernah juga ke Bangkok, di mana banyak penggemar fanatik. Menyenangkan!

Pacar saya (Frankie Poultney, peselancar es dari Inggris) setengah Vietnam. Saya juga ingin sekali ke sana. Mungkin kami akan ke sana untuk berlibur, suatu saat nanti.

Kalau ke Indonesia, saya baru pertama kali. Bali pun belum. Tapi, saya dengar, di Indonesia ada resor yang sangat bagus. Sebuah pulau. Bukan Bali, soalnya saya belum pernah dengar namanya. Jaraknya cuma satu kali penerbangan singkat dari Jakarta. Itu di mana, ya? (Tim Yahoo! memberi sejumlah kemungkinan jawaban, tapi David Seaman lupa nama tempat itu.)

Siapa tim dari Asia yang bakal bersinar di Piala Dunia 2010?

Korea Selatan akan selalu kuat. Mereka sudah punya pengalaman di 2002. Bagi saya, merekalah yang terkuat dari Asia. Kira-kira sejauh apa prestasi mereka kali ini? Hmmm. Perempat final, bisa saja, tapi akan sangat sulit.

Di sini ada sejumlah pihak yang ingin Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Apa saran Anda agar keinginan itu tercapai?

Kalau Inggris mendapat kesempatan jadi tuan rumah (Piala Dunia 2018), ikutilah cara-cara kami. Yang pasti, Anda harus punya stadium-stadium yang bagus, sistem transportasi yang mumpuni. Kalau Anda punya itu semua, bakal ada kesempatan. Itulah yang Inggris lakukan sekarang.

Anda tahu soal sepakbola Indonesia?

David Seaman
Sejujurnya, saya tak banyak tahu. Yang saya tahu adalah ada keriaan yang besar terhadap sepakbola di sini. Saat perjalanan dari bandara ke hotel, kami berpapasan dengan serombongan pendukung sebuah kesebelasan sepakbola. (Sore hari itu, Persija tanding. David Seaman berpapasan dengan pendukung The Jak.)

Apa pesan Anda terhadap para pendukung Arsenal di sini? Bahkan ada kafe tempat mereka biasa menonton bareng, lho.

Saya sangat berterima kasih atas sambutannya di bandara saat saya tiba. Rasanya senang melihat semua fans itu. Saya yakin masih ada banyak lagi di sini. Massive thank you.

Saya tahu ada ribuan fans Arsenal di sini. Kalau ada waktu, saya ingin juga ke kafe itu. Semoga ada foto saya di dindingnya.

sumber gudangbiografi.com

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger