Wednesday, August 4, 2010

Pengantar Borland Delphi


Pengenalan Borland Delphi

Borland Delphi yang selanjutnya disingkat dengan Delphi merupakan sebuah program aplikasi berbasis objek pascal yang dikembangkan Borland. Dengan fitur-fitur yang dimiliki delphi memberikan fasilitas dalam banyak hal pemrograman seperti database, multimedia, networking, hingga perkembangan saat ini delphi dapat digunakan untuk pemrograman berbasis XML, COM Programing Internet dan Web Development.  Delphi memiliki class library diantaranya Visual Class Library (VCL), Borland Component Library for Cross Platform (CLX), serta Rapid Aplication Development (RAD) Tools sehingga dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi secara cepat.


Memulai Borland Delphi
Delphi memiliki antarmuka atau yang disebut dengan IDE (Integrated Development Environment ).



Main Window ( Jendela Utama ) 
            Merupakan bagian utama dari IDE. Main Window memiliki semua fungsi utama dari program-program windows lainya. Main Window dibagi menjadi tiga bagian yaitu  menu Utama, Toolbar, Pallete.
·    Menu Utama : Berisi kumpulan menu menu seperti halnya pada windows ( jika menggunakan windows sebagai system operasi) sebagian berisi menu default seperti membuat file baru / new file, menyimpan file, mengubah option, menampilkan toolbox, menyembunyikan toolbox.
·      Toolbar : merupakan atribut IDE yang memberikan fasilitas klik tunggal di setia operasinya, setiap tombol pada toolbar berisi informasi mengenai fungsi dari tombol tersebut, beberapa toolbar yang terdapat pada IDE Borland Delphi diantaranya   Standart, View, Debug, Dekstop, Component Pallete, Custom.
·    Pallete : merupakan sebuah tool selain toolbar yang memiliki kegunaan terntentu dalam desain suatu aplikasi yang berfungsi mempermudah dalam interaksi pemrogram dengan aplikasi yang dikembangkan. Terdiri dari object inspector, Object TreeView, Project Manager, Exploring Classes,.
           
Object TreeView
Object TreeView digunakan sebagai jendela untuk menampilkan seluruh relasi antara komponen visual maupun non visual secara hierarki (Parent/Child). Komponen yang ditampilkan pada object treeview ini merupakan kumpulan komponen yang telah di sisipkan pada form desainer, dari gambar disamping dapat diamati struktur object treeview dimulai dari Form1 sebagai Parent dari Button1, Button2, PageControl1.




 Object Inspector
Seluruh atribut dan operasi / event pada tiap-tiap komponen dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan penggunaanya, object inspector merupakan pallete yang berisikan kumpulan atribut dan event tersebut.  Terdapat dua bagian dalam object inspector
  1. Tab Properties : Didalam tab ini berisi kumpulan seluruh atribut suatu objek.



  1. Tab Events : Didalam tab ini berisi kumpulan seluruh operasi / event yang dapat dikenakan pada komponen.





Component Pallete


Merupakan Toolbar yang berisi objek atau komponen dalam library delphi dan divisualisasikan dalam bentuk tombol dan icon, terdiri dari kategori untuk tiap komponen pada masing-masing tab. Beberapa diantaranya : Standart, Additional, Win32, System, Data Access, Data Control, DbExpress, DataSnap, BDE, ADO, Interbase, WebServise, InternetExpress, Internet, WebSnap, Decision Cube dll. Tidak semua paket komponen dalam library ditampilkan pada component pallete sehingga jika dibutuhkan komponen yang tidak terdapat pada pallete pemrogram harus melakukan Install Package.





Pada project option hanya ditampilkan paket yang sudah terinstall saja sehingga untuk menambah paket tekan Add selanjutnya pilih paket yang akan ditambah, paket komponen berekstensi *.bpl.



Mengelola Project
Sebuah project Delphi terdiri dari form, unit, setting option, resource dan lain-lain. Beberapa file dibuat oleh delphi ketika pemrogram membangun sebuah aplikasi. Perlu diketahui bahwa ketika sebuah file project terbentuk maka otomatis akan membawakan satu buah file form .frm dan satu buah file unit .pas

File Project
File project dipakai untuk menyimpan informasi mengenai form dan unit, file ini terbuat pada saat desain dan berisi inisialisasi form utama dan form-form lain. Contoh      code pada file project sbb :


File project terbentuk dengan format (*.dpf) , pada bagian awal didefinisikan nama program / project adalah project1,  kemudian dilanjutkan dengan uses artinya project memanggil unit Forms dan Unit1 dimana didefinisikan Unit1 adalah file unit dengan nama Unit1.pas, peletakan unit1 berada dalam satu direktori dengan project. Pada bagian {$R *.res} artinya compiler akan melink file resource yang namanya sama dengan nama file project dan ekstensinya .RES, file RES berisi icon program dan informasi versi.  Blok begin…end adalah tempat menuliskan program utama. Berikut ini adalah langkah membuat sebuah project.


Pilih File + New + Aplication, sehingga muncul MainWindow sbb

Delphi otomatis membawakan sebuah form dan sebuah unit. Selanjutnya untuk melihat code pada project  pilih Project->View Source




File Form dan File Unit
File ini merupakan file biner yang dibuat untuk menyimpan informasi form, setiap file form mempunyai sebuah file unit (.pas). jika pemrogram membuat sebuah file form maka delphi akan menyertakan juga sebuah file unit (.pas). file unit berisi kumpulan code program, terdapat tiga jenis file unit
1.      Unit Form/Data Module dan Frame : unit yang terbentuk ketika form atau data module terbentuk, digunakan untuk menempatkan code program pada form.
2.      Unit Component : unit yang terbuat ketika membuat komponen baru
3.      Unit Umum : Unit yang terbuat untuk tipe data, variable, maupun class yang dapat diakses dan diaplikasikan.





File form berisikan informasi mengenaim form yang terinclude ketika project dibuat, form tersebut merupakan sebuah instansiasi dari sebuah objek dalam library Borland delphi, kita dapat mengetahui pada code editor form tersebut :



Dari kode diatas pada bagian disamping tersebut dijelaskan bahwa type dari Fform1 merupakan instansiasi dari class(Tform), memiliki definisi untuk menentukan operasi ataupun atribut yang bersifat private maupun public. Pembahasan mengenai objek komponen akan dibahas pada bagian lain pada modul ini.

Untuk menambah form baru ke dalam project dapat dilakukan dengan cara sbb :
Pilih File->New->Form

Dan untuk menghapus form dari project dapat dilakukan pada menu Project-> Remove from project.



Selanjutnya pilih unit yang
akan dihapus


bersambung ........
(edisugiarto.blogspot.com)

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger