Monday, August 16, 2010

Kelas dan Objek dalam Object Oriented Programming

Prinsip pemrograman berorientasi objek adalah membagi modul program yang besar menjadi kumpulan objek-objek yang saling berinteraksi, dengan prinsip seperti ini maka pemrograman berorientasi objek lebih menekankan pada proses yang terjadi antar objek. Sehingga dikemudian akan terdapat kemungkinan sebuah program merupakan kumpulan objek-objek yang saling bertukar informasi dan data dan memiliki fungsi dan tanggung jawab masing-masing.
Kelas dan objek merupakan satuan yang berbeda, Kelas Merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dimana didalamnya terdapat kumpulan atribut dan method,
contoh kelas : binatang, kendaraan, benda dsb.
Sedangkan objek merupakan bentuk representasi dari sebuah kelas, membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit atau entitas dalam sebuah program komputer. pada dasarnya ada 2 karakteristik yang utama pada sebuah objek ;
    1. Objek memiliki attribut sebagai status yang disebut Stat
    2. Objek memiliki tingkahlaku yang kemudian disebut Method
Contoh sederhananya :
Objek motor memiliki attribute : Roda, Warna, Merk,. Kemudian objek motor tersebut memiliki tingkahlaku / method : pindah gerigi, kecepatan menaik, kecepatan menurun.
contoh objek :
-          Anjing, kucing, kuda : dari kelas binatang
-          Sepeda motor, mobil, pesawat, kapal : dari kelas kendaraan.
-          Batu, air, api, udara : dari kelas benda. dsb

Kelas
            Dalam bahasa pemrograman java sebuah file berekstensi *.java harus memiliki sebuah class public dan dapat memiliki beberapa class non public. Contoh deklarasi sebuah kelas binatang

public class binatang {

int jmlKaki;
String warna;
public String suara;
    
     public void  bersuara()
       {
            System.out.println(suara);
        }  
}

Dari deklarasi kelas diatas terdapat beberapa attribute : jmlKaki, warna, suara. Method pada kelas binatang diatas adalah bersuara.

Objek
merupakan bentuk representasi dari sebuah kelas, membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit atau entitas dalam sebuah program komputer, sebuah kelas dapat diinstansiasikan menjadi banyak objek, sebagai contoh sebuah kelas binatang dapat diinstansiasikan menjadi objek : kuda, ayam, kambing, harimau dan sebagainya. Contoh objek sbb :

public class ujibinatang {
   public static void main(String[] args)
   {
       binatang ayam = new binatang();
       ayam.suara="Kukuruyuuk..";
       binatang kuda = new binatang();
       kuda.suara="Hieegggh ..";
       binatang harimau = new binatang();
       harimau.suara="Graaaaauum ..";

      
       ayam.bersuara();
       kuda.bersuara();
       harimau.bersuara();
   
   }
}

Dari contoh program diatas dapat diketahui terdapat 3 objek : ayam, kuda, harimau. Dimana masing-masing objek merupakan hasil instansiasi dari sebuah kelas binatang.

semoga bermanfaat (edi sugiarto)

referensi :
Java™ Tutorial, Third Edition: A Short Course on the Basics, Addison Wesley , 2000.

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger