Monday, July 4, 2011

Aplikasi Untuk Mengakses Kamera Menggunakan Borland Delphi

Halo pembaca, senang sekali bisa berbagi dengan anda kembali melalui tulisan pada blog ini. Kali ini saya mencoba membahas tentang ActiveX pada borland delphi serta menggunakan ActiveX untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses dan meng-capture image dari perangkat kamera dengan memanfaatkan beberapa ActiveX yang tersedia.

ActiveX merupakan suatu kerangka untuk mendefinisikan perangkat lunak yang reuseable dan independent dalam bahasa pemrograman. Sehingga software aplikasi kemudian dapat terdiri dari satu atau lebih komponen yang memiliki fungsi yang lebih spesifik. Konsep ini diperkenalkan oleh Microsoft pada 1996 sebagai perusahaan pengembang Component Object Model (COM) dan Object Linking and Embedding (OLE). Pemrogram dapat menggunakan control ActiveX dalam bahasa yang mendukung pengembangan Component Object Model termasuk bahasabahasa dalam lingkungan berikut :
  1. C++
  2. Borland Delphi
  3. Visual Basic
  4. NET Framework (C#, VB.NET)
Dalam Borland Delphi kita dapat menggunakan komponen-komponen ActiveX yang telah tersedia pada component pallete.


Defaultnya tidak semua component ActiveX ditampilkan karena pada prinsipnya komponent tersebut merupakan library collection yang dimiliki Microsoft teknologi (bukan Borland Delphi) sehingga kelengkapan komponen tersebut tergantung pada Sistem Operasi (Windows) masingmasing. Beberapa ActiveX standart yang telah include pada system operasi windows bisa anda lihat melalui Borland Delphi pilih menu Component > Import ActiveX Control




Menggunakan WebCamCapture ActiveX

WebcamCapture ActiveX Control merupakan salah satu ActiveX yang digunakan untuk mengakses perangkat kamera, ActiveX ini tidak otomatis terinstal pada Sistem Operasi Windows sehingga kita perlu men-download activeX ini terlebih dahulu, anda bisa download pada alamat URL berikut :

http://www.windows7download.com/win7-gogo-webcam-capture-activex-control/downloadytvnmhoz.
html

ActiveX ini bukanlah komponen gratis namun kita masih dapat menggunakan versi demonya dan juga bukanlah satu-satunya komponen untuk mengakses perangkat kamera (GDTwain, VideoCapture, VideoOCX,dll). Setelah anda download dan anda install maka tambahkan pada component pallete dengan cara pilih menu Component > Import ActiveX Control > WebcamCapture ActiveX Control Module


Selanjutnya buatlah desain form sbb :



Selanjutnya setelah penamaan komponen selesai tambahkan kode pada frame event onLoad.



Fungsi GetVideoDevicesCount digunakan untuk mengetahui jumlah device kamera yang terpasang.

Selanjutnya tambahkan kode pada event onClick untuk komponen BitBtnConnect

Prosedur setVideoDevicesName digunakan untuk menentukan perangkat kamera yang akan digunakan.

Pada BitBtnStartCapture tambahkan kode pada event onClick sbb :

Prosedur setOutputFile digunakan untuk menentukan alamat dan nama file hasil capture kamera menjadi bentuk file video, secara default file hasil capture akan dibuild kedalam bentuk file *.avi.

Sedangkan procedure StartCapture digunakan untuk memulai proses Capture. Pada BitBtnStopCapture tambahkan kode berikut pada event onClick untuk menghentikan proses capture.


Setelah sampai tahap ini, selanjutnya compile aplikasi anda (F9), lalu uji apakah kode yang dibuat sudah benar. Setelah anda jalankan maka akan muncul form sbb :


Selanjutnya tekan BitBtnConnect maka gambar dari camera akan ditampilkan pada ActiveX WebcamCapture.
Selanjutnya tekan BitBtnStartCapture untuk memulai mengCapture gambar.

Maka file hasil capture akan disimpan pada direktori “E:\cameraCapture.avi” sesuai dengan nilai PathFile pada prosedur SetOutputFile

Selanjutnya tambahkan kode untuk mengambil gambar dari komponen WebcamCapture1 dan ditampilkan pada komponen Image1, tambahkan evetn onClick pada BitBtnGetImage dan tambahkan kode berikut :


Prosedur GetCurrentImage digunakan untuk menentukan alamat file yang akan disimpan dari pengambilan gambar pada kamera. Maka ketika BitBtnGetImage ditekan akan terjadi proses penyimpanan gambar dari kamera pada alamat E:\imageCamera.bmp, dan dilanjutnkan menampilkan gambar pada komponen Image1.


Gambar tersimpan pada alamat yang ditentukan pada prosedur GetCurrentImage.

Semoga Bermanfaat.
(edisugiarto.blogspot.com)

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger