Thursday, June 24, 2010

Tangkal Kata 'Kasar' di PC dengan Bau

LONDON - Seorang siswa berhasil mengembangkan sebuah teknologi yang dapat mengingatkan pengguna PC saat dirinya menulis kata-kata 'kasar'. Teknologi itu diberi nama Pepper Mouth.

Ide pembuatan teknologi ini cukup sederhana. Dilansir melalui Telegraph, Rabu (23/6/2010), ketika software mendeteksi adanya kata-kata kasar yang akan diposting atau hanya diketik oleh penggun PC, maka otomatis bau busuk akan mampir ke hidung pengguna. Bau busuk tersebut berasal dari komputer yang digunakan.

Sebelum bau busuk itu keluar, komputer juga akan mengeluarkan alarm peringatan berupa lampu berwarna merah yang akan memaksa pengguna untuk menghilangkan kata-kata yang tidak pantas itu.

Ini merupakan salah satu upaya untuk memerangi penggunaan kata yang tidak pantas, yang sering muncul di dunia maya, khususnya jejaring sosial. Biasanya, postingan kata-kata kasar itu kebanyakan dilakukan oleh anak-anak muda yang belum mengerti perbedaan antara apa yang harus diucapkan di depan publik atau secara privasi.

"Ide ini muncul berdasarkan pengalaman dalam hidup saya. Dulu ketika saya masih kanak, nenek saya selalu memberikan lada (pepper) ke dalam mulut saya sebagai hukuman atas kata-kata kasar yang sering saya ucapkan di depannya," ujar pengembang teknologi tersebut, seorang desainer bernama Ozge Kirimlioglu.

Mungkin, menurut Kirimlioglu, ketika bau busuk itu muncul setelah mengucapkan kata kasar, pengguna internet akan mulai sadar dan mengerti jika hal itu akan menimbulkan konsekuensi yang lebih besar.

sumber okezone

Related Posts by Categories



No comments:




Powered By Blogger